EXTRA JOSS
Extra Joss adalah produk minuman energi yang dipasarkan oleh PT Bintang Toedjoe mulai sejak pada tanggal 25 November
1994. Sasarannya adalah
olahragawan, pelajar, dan pegawai yang ingin mempertahankan konsentrasi dalam
jangka waktu lama. Bentuknya bubuk dan dijual dalam sachet, dan mengandung
antara lain kafein
dan ginseng
mutu.
Ide nama Extra Joss diperoleh
karena mudah diingat, sederhana, berkesan segar dengan dua huruf "s"
ganda yang kuat dan personality-nya cocok dengan produk sachet yang akan
dikembangkan. Kata "joss"
berasal dari dipercakapan
pergaulan masyarakat Surabaya yang dikenal suka bersuara lantang dan
blak-blakan. Di sana "joss" bermakna manjur atau oke. Tidak
mengherankan bila B7 kemudian memilih Jawa Timur sebagai lokasi peluncuran
perdana produk Extra Joss, khususnya di kota Surabaya dan Malang.
Penayangan TV komersial dan
radio dengan slogan terkenal "Ini biangnya. Buat apa beli botolnya?"
membuat produk Extra Joss naik daun
sehingga terjadi kehabisan stok di mana-mana dan memacu pabrik beroperasi
non-stop. Begitu sukses menembus
kalangan man of street, citra Extra Joss kemudian ditingkatkan ke kalangan
menengah ke atas, sekaligus
menunjukkan kebesaran dan kekuatannya. Extra Joss Biang 2000, ikut mewarnai
tema pergantian ke tahun berikutnya.
Di tahun 2001, Extra Joss kemudian
dikomunikasikan sebagai menembus impian dan emosi masyarakat dengan memakai
tajuk Generasi Biang (Genbi). Muncullah
kemudian sosok-sosok yang dianggap sebagai Generasi Biang sebagai cerminan
personifikasi Extra Joss yang maju dan anti kemapanan, misalnya : Ahmad Dhani
dari grup musik Dewa, Sujiwo Tejo, Melly Goeslaw, Sarah Sechan, Taufik Hidayat
(atlet bulutangkis), dan Lisa Rumbewas (atlet angkat besi wanita) sebagai icon generasi itu. "Join The
Genbi" muncul di banyak acara Extra Joss.
Tahun 2001 diluncurkan Extra
Joss Tab (tablet effervescent) yang lebih premium dan eksklusif. Tujuannya adalah untuk bersaing dengan merek
dalam kemasan botol yang dipersepsikan premium untuk kelas atas.
Pada pesta Piala Dunia 2002, Extra Joss
mengundang pemain sepak bola terkenal dari Italia, Alessandro Del Piero menjadi
bintang iklannya dan meningkatkan brand image Extra Joss ke taraf
internasional. Tidak berhenti sampai
disitu, Extra Joss juga menjalin
hubungan emosional dengan konsumen Indonesia dengan menggelar program mendukung
kegiatan masyarakat seperti ibadah kurban.
Pada 2003, Majalah SWA Sembada
dan perusahaan riset pasar MARS memberikan Extra Joss penghargaan Indonesian
Best Brand Award (IBBA) sebagai merek terbaik untuk kategori minuman energi
non-cair. Selama tiga tahun
berturut-turut pada 2001, 2002, dan 2003 Extra Joss menerima anugerah
Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) sebagan minuman energi dalam
bentuk serbuk oleh Majalah SWA Sembada dan Frontier.
Di tahun 2003, Extra Joss
menerima anugerah Asia Pacific Excellent Award serta National Consumers'
Quality Award untuk merek paling berharga dalam kategori minuman energi di
negara Filipina, di mana Extra Joss juga menjadi market leader di katogori
minuman energi.
Extra Joss X diluncurkan pada Januari 2004.
Sebuah produk baru dalam kemasan kaleng 250 ml. Kemasannya mewah dengan warna
kuning keemasan ditujukan untuk konsumen kelas atas.
Pada bulan April 2004,
diluncurkan juga Extra Joss LG, dengan kemasan berwarna merah, yang mengandung
L-Glutamine.
Extra Joss melakukan reformulasi Extra Joss
original menjadi Extra Joss Active B7 pada 10 Mei 2005. sebagai langkah nyata
untuk terus berinovasi meningkatkan kualitas Extra Joss. Pada 26 Mei 2005 diluncurkan Extra Joss Endurans yang memiliki
kelebihan di sisi daya tahan untuk beraktivitas.
Pada even Piala Dunia 2006, Extra Joss kembali
mengundang pemain sepak bola asal Portugal yang bergabung dalam klub Manchester
United yaitu Cristiano Ronaldo
sebagai endorser Extra Joss, yang datang ke Indonesia juga dalam rangka peduli
kemanusiaan untuk korban tsunami Aceh.
Berkaitan dengan momen Piala Dunia 2006, Extra
Joss menciptakan genre baru dalam persepakbolaan yang disebut Boladiator.
Boladiator adalah permainan sepakbola setengah lapangan bergawang satu, dengan
jumlah pemain dari masing-masing tim berjumlah tujuh orang. Mereka akan bermain
dalam empat babak (masing-masing babak, tujuh menit). Program Boladiator ini
sudah digelar di 6 kota yakni Semarang, Jogyakarta, Surabaya, Makasar, Bandung
dan Medan. Di luar dugaan peserta Boladiator bukan hanya kalangan mahasiswa dan
klub amatir melainkan juga klub-klub elit seperti PSSI All Star. Bahkan ketika
Boladiator digelar di Medan jumlah penontonnya tidak kurang dari 30.000 orang.
Pada saat Piala Dunia 2006
berlangsung Extra Joss juga menggelar Bolaskop atau nonton bareng pertandingan
sepakbola di layar lebar seperti menyaksikan bioskop yang diselenggarakan di
ratusan titik. Melalui layar raksasa yang dipasang itu masyarakat bisa nonton
bareng secara gratis sambil menikmati berbagai hiburan, aneka games dan hadiah
merchandiser menarik dari Extra Joss. Kegiatan tersebut didukung seluruh kantor
cabang Extra Joss di seluruh Indonesia.
Berbagai penghargaan diperoleh Extra Joss pada
tahun 2006. Setelah meraih penghargaan Superbrand Awards tahun 2004, Extra Joss
kembali dianugerahkan sebagai
merek populer untuk kategori minuman energi 2006. Penghargaan ini diberikan The
Indonesia Best Brand Award (IBBA). Bagi
Extra Joss penghargaan ini merupakan kelima kalinya. Sejak tahun 2002, Extra
Joss secara berturut-turut menduduki peringkat tertinggi, bahkan di tahun 2005
berhak mendapatkan Golden Best Brand Award.
Januari 2007, PT Coca Cola Indonesia dan PT
Bintang Toedjoe melakukan kerjasama dengan meluncurkan Extra Joss Strike.
Melalui kerjasama ini, Coca Cola System di Indonesia berhak untuk memproduksi
dan mendistribusikan minuman energi siap saji berlabel "Extra Joss
Strike".
Pada Februari 2007, Extra Joss
meluncurkan varian produk baru untuk melengkapi varian Extra Joss Active Rasa
Original yakni Extra Joss Active Rasa Anggur Burst (kemasan warna ungu), Extra
Joss Active Rasa Krim Soda (kemasan warna hijau), dan Extra Joss Active rasa Apel
Blackcurrant (kemasan merah).
Varian lain Extra Joss, yaitu
Joss Fit resmi dipasarkan secara nasional pada bulan Maret 2008. Joss Fit
adalah minuman energi yang disajikan dalam bentuk hangat. Terdapat dua varian
yaitu Joss Fit Jahe dan Joss Fit Teh Madu.
Di tahun 2009, Extra Joss
menerima 3 penghargaan bergengsi, yaitu : Best Brand Platinum 2009 dari SWA dan
Mars karena telah memenangkan IBBA 7 tahun berturut-turut, Indonesia
Customer Satisfaction Award 2009 dari SWA dan Frontier, serta The Most Powerful
Distribution Performance 2009 dari SWA dan Majalah Mix.
Setiap produk yang dipasarkan dimasyarakat pasti
mempunyai kelebihan dan kekurangan, sama halnya seperti Extra Joss, produk ini
mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari produk ini adalah dapat
membangkitkan gairah seseorang saat bekerja atau beraktifitas. lalu produk ini juga dapat digunakan untuk
penderita diabetes dan orang yang membutuhkan makanan
berkalori rendah, dan membantu
memelihara kesehatan tubuh, menyegarkan badan dan membantu metabolisme tubuh
untuk menghasilkan energi.
Namun disamping kelebihan yang dimiliknya, Extra
Joss juga mempunyai kekurangan yaitu mengandung 0,06% [ADI 40 mg/kg BB] ASPARTAME. Apasih ASPARTAME itu? Aspartame
merupakan bahan kimia yang mengandung racun, yang Diproduksi oleh perusahaan
kimia bernama Monsanto. Aspartame telah dipasarkan ke seluruh
dunia sebagai pengganti gula Dan dapat dijumpai pada semua jenis minuman ringan untuk diet. Aspartame dipasarkan sebagai satu
produk diet, tapi ini sama sekali bukanlah produk untuk diet. Kenyataannya, ini
dapat menyebabkan berat tubuh bertambah karena Dapat membuat Anda kecanduan
karbohidrat. Aspartame adalah bahan
kimia beracun yang dapat merubah kimiawi pada otak dan sungguh mematikan bagi
orang yang menderita parkinson. Bagi
penderita diabetes, hati-hati bila mengkonsumsi untuk jangka Waktu lama atas
produk yang mengandung Aspartame ini, karena dapat Menyebabkan koma, pengerasan
otak atau sumsum tulang Belakang,
lupus, bahkan meninggal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar